Breaking News

Selasa, 29 April 2014

NCID: Skenario AS, Jokowi Harus Menang Pilpres 2014


Amerika membutuhkan kekayaan alam Indonesia untuk menutup utang negaranya terhadap China dan Jepang.

JAKARTA, Jaringnews.com - Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, pertemuan dubes Amerika Robert O. Blake. Jr dengan calon presiden pro-Amerika dari PDIP Joko Widodo adalah bukti Amerika memiliki skenario pemenangan calon tertentu di pemilu presiden 2014.

Jajat menjelaskan ada beberapa alasan kenapa Amerika berkepentingan di Indonesia. Pertama, Amerika butuh mengeruk emas dan kekayaan alam Indonesia lainnya untuk menutupi hutang negaranya terhadap China dan Jepang yang cukup besar.

Tercatat hingga Juli 2013, jumlah surat utang pemerintah AS yang dipegang China mencapai 1,28 triliun Dolar AS atau sekitar Rp 12.800 triliun dan Jepang memegang  1,14 triliun Dolar AS atau Rp 11.400 triliun.

Kedua, Indonesia adalah tujuan produk ekspor Amerika. Kepentingan Amerika di Indonesia sangat besar, terlebih dalam bidang perekonomian. Sebagai contoh Amerika adalah negara penjual kedelai terbesar bagi Indonesia yaitu 1,8 juta ton per tahun dengan nilai 1,1 miliar miliar Dolar AS.

Amerika juga menjual ke Indonesia, gandum 686,4 ton per tahun dengan nilai 256.4 juta Dolar AS serta daging dengan nilai US$ 6,6 juta.

Oleh karena itu, Jajat mengajak masyarakat Indonesia untuk tak memilih pemimpin yang tunduk terhadap Amerika. “Ini adalah waktu yang menentukan bagi bangsa ini, jika kita salah pilih pemimpin, selamanya kita akan berada dalam kendali antek-antek asing”, tegas Jajat.

Sumber : jaringnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By