Breaking News

Minggu, 10 Agustus 2014

Transjakarta Patah Bukan Faktor Jalan, Tapi Kondisi Bus yang Buruk



Bus Transjakarta yang terlepas (Foto: Twitter TMC Polda Metro)

JAKARTA - Pengamat perkotaan, Nirwono Joga, mematahkan pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang mengatakan jika patahnya bus gandeng Transjakarta lantaran kondisi jalur busway yang buruk.

"Saya enggak yakin itu (lepasnya bus gandeng) karena kerusakan jalan. Enggak akan sampai separah itu, apalagi dikatakan bus tersebut habis dilakukan pemeriksaan. Kerusakan ada dikonstruksi busnya. Bagaimana bus yang patah tadi tidak diketahui pada saat di pool," kata Nirwono saat berbincang dengan Okezone, Kamis (7/8/2014) malam.

Menurutnya, seharusnya ada dua hal yang dilakukan yakni pemeriksaan kondisi jalan dan pemeriksaan kondisi bus.

"Kalau kondisi jalan, harus dipastikan dulu, apa memang saat bus alami patah itu, dititik rusak atau tidak ada kerusakan sama sekali kemudian dicek kembali ke bagian pemeriksaan. Pemeriksaan di pool artinya belum teliti, ada yang terlewat. Bagaimana staf pool tadi melakukan pemeriksaan," terangnya.

Dia menambahkan, kejadian ini menjadi tanggung jawab Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta dan Pemprov DKI untuk mengembalikan kepercyaan masyarakat untuk menggunakan bus Transjakarta.

"Ini menjadi tanggung jawab BLU dan Dishub kepada penumpang. Karena justru mengkhawtirkan karena bagaiamana jadinya kalau pas patah ada penumpang disitu. Harus ada jaminan keselamatan dan keprofesionalan kedepan. Ini akan menurunkan pengguna Transjakarta," tukasnya.

Sebelumnya, sekira pukul 16.20 WIB bus gandeng Transjakarta bernomor polisi B 7308 IV terlepas dari bagian belakang bus di wilayah Jatinegara menuju Cipinang, Jakarta Timur.

Menanggapi kejadian itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai peristiwa tersebut tidak terlepas dari kesalahan Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang tak kunjung memperbaiki jalur busway yang rusak.

"Makanya saya bilang ke PU, bus itu jalanannya tidak boleh bergelombang karena bus panjang itu kan ada sambungannya," kata Ahok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By